http://rohmatsholihin.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Sunday, July 3, 2011

Defragment - SMK NEGERI 1 NGRAHO


Fungsi disk defragmenter

Fungsi disk defragmenter, Cara kerja disk defragmenter,Gunanya Defragmenter pada komputer.

Kita mungkin sering mendengar kata defragmenter,tapi mungkin sebagian dari rekan blogger belum ada yang tahu kegunaan itu. Disini saya akan coba sedikit jelaskan apa sich defragmenter itu….




Disc Defragmenter adalah sebuah program untuk membantu merpaihkan penempatan data di dalam harddisk, setelah rapih efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi.
Dengan kata lain kita bisa artikan bahwa

Disk Defragmenter ini sangat berguna untuk menyusun kembali urutan – urutan sector (pecahan atau bagian) dari file atau folder sehingga memudahkan Windows untuk membaca file atau folder tersebut.

Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk DefragmenterSaat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak terlalu sering,mengapa….? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan.